hikayat kuliner masa kini

Petualangan ke seluruh antero Nusantara, mengabadikan hikayat tentang perjalanan kuliner di tanah Nusantara

Bakso Lobster Viral - Ketika Bakso dan Lobster bersatu!

Bakso Lobster. Hidangan seperti apakah itu?
Bakso yang terbuat dari daging Lobster? atau bakso dengan topping lobster? apakah bakso ini dibuat oleh Larry dari serial Spongebob? atau jangan-jangan bakso yang dibuat oleh siluman dan monster lobster??

Nah, daripada berfantasi tidak jelas, simak hikayat berikut ini.

Bakso Lobster Viral



Seperti biasa sebelum kita membahas mengenai sebuah hidangan,  akan flashback sedikit mengenai hidangan tersebut. Biar kamu kenal dan yakin bahwa hidangan ini adalah sesuatu yang kamu pikirkan.

Bakso Lobster, dari namanya tentu saja ini merupakan salah satu variasi dari bakso. Tapi, apa sih bakso itu?
Menurut sejarah, bakso itu berasal dari jazirah Cina, dalam bahasa Hokkian "bak" artinya daging dan "so" artinya giling. Tapi, karena orang Tiongkok biasanya cenderung lebih suka makan daging babi, kata "bak" mengalami pergeseran makna dari umum ke khusus(istilahnya spesialisasi) menjadi daging babi. Jadilah bak-so itu daging babi giling.

Bakmi, bakpao, bakpia?
Ya, benar itu semua awalnya menggunakan daging babi.
  • Bak-mi, mie babi. 
  • Bak-pao, daging babi yang dibungkus. 
  • Bak-pia, kue isi daging babi.
  • Bak-so, daging babi giling.
Nah, semua menu diatas sekarang sudah menjadi menu umum. Namanya juga sudah mengalami lagi pergeseran makna, dari khusus ke umum. Semua ini karena asimilasi budaya antara Cina dan Nusantara yang mayoritas umat muslim.
Untuk bakso, bergeser lagi dari khusus ke umum. Menjadi daging giling.

Giling tapi kok malah bunder-bunder bentuknya?
Ya, agar lebih mudah penyajiannya aja dan lebih indah kalau ditata.

Kembali lagi ke Bakso Lobster. Hidangan seperti apa ini?
Ternyata bakso lobster adalah lobster utuh yang dibungkus adonan bakso! Jadi bukan bakso yang dibikin oleh Larry ya, apalagi siluman atau monster lobster lainnya. 

Bakso Lobster


Hidangan ini menjadi viral beberapa waktu belakangan ini selain karena unik, harganya murah, juga didongkrak popularitasnya oleh drama komentar-komentar julid dan nyiyir dari pada netijen tidak bertanggung-jawab. Misalnya, "Wah, ini bakso lobster kok murah, pakai lobster plastik ya?". 

Murah? Harganya berapa emang?
Seporsi Bakso Lobster seperti gambar diatas itu bisa ditebus dengan harga Rp40.000, (empat puluh ribu rupiah) saja!.
Kok bisa murah gitu? Jangan komentar jahat dulu wahai kisanak, karena menurut dari empunya warung, lobsternya dia bisa murah karena selalu dipasok langsung dari daerah Cilacap. Ya lumrah saja, karena di Cilacap sana pada saat ini harga lobster sejenis memang hanya kisaran 100 ribu sekilo. Kalau dikira-kira berat 1 ekor lobsternya itu ada sekitar 180-200 gram, jadi total modal 1 ekor lobster sekitar 20 ribu rupiah. Jadi masuk akal kalau dijual seharga 40 ribu seporsi.

Sekali lagi saya ingatkan, ini lobster asli, bukan abal-abal, apalagi mainan plastik. Jadi bakso lobster itu adalah lobster utuh yang bagian ekornya dibalut dengan adonan bakso. Dan adonan bakso ini setelah dicoba ternyata berasa daging banget, bukan bakso daging abal-abal yang rasanya tepung. Harga 40ribu ini bener-bener sangat worth sekali untuk dicoba. 

Poin penting, masih ada warung-warung bakso lain yang memiliki adonan bakso yang lebih enak dan lebih berkualitas daripada di warung ini. Jadi ini bukan bakso terenak atau terbaik, hanya saja worth untuk dicoba karena sensasinya.

Kalau dilihat di gambar pertama tadi lumayan gede ya, tapi segede apa sih emang?
Kalau mau lihat perbandingan ukurannya, coba lihat ini:

Perbandingan dengan lengan wanita

Yes, itu lengan orang, kira-kira segitu lah. Untuk porsi 1 orang ini udah sangat cukup sekali, karena didalam 1 porsi komplit itu ada mie kuning, irisan tahu, tetelan sapi, dan 3 butir bakso kecil. Wow banget kan. Cuma memang cara makannya agak susah, karena itu lobster utuh lho lengkap dengan cangkang dan sungut-sungut tajamnya.

Cara makannya memang agak sukar


Mau yang makannya agak sedikit lebih mudah? Tenang saja, disini ternyata juga menyediakan menu bakso lain selain Bakso Lobster, yaitu Bakso Iga/Balungan dan Bakso Beranak.

Ini bukan lolipop daging, ini adalah Bakso Iga 

Walaupun bentuknya sama kayak Bakso Lobster, tapi di Bakso Iga ini tidak ada cangkang dan kulit lobster. Hanya daging iga yang langsung dilapisi adonan bakso yang kemudian direbus. Rasanya enak, hanya sayangnya karena iga belum direbus terlebih dahulu jadi daging iga-nya ini masih alot dan terasa melawan sewaktu digigit. Kalau sepintas dilihat bentuknya kayak lolipop atau paha bawah ayam ukuran besar. Jadi kamu tentu saja sudah bisa membayangkan cara-cara termudah untuk menyantap menu yang satu ini kan?

Makan bakso iga masih terasa sukar? Aduh, aduh, kalau begitu kita turunkan sedikit deh level kesukarannya, menuju ke Bakso Beranak.

Bakso Beranak

Jangan cocokologi ya, ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan dukun beranak atau film beranak dalam kubur!. Ini masih murni makanan yang bisa disantap oleh manusia biasa.
Bakso Beranak disini persis seperti menu serupa pada umumnya, ini adalah bakso yang berukuran besaarr(sekepalan tangan) dan diisi dengan bakso kecil, telur puyuh, dan terkadang cincangan daging. Ukurannya yang besar ini ditambah dengan topping lain seperti mie, potongan tahu, dan bakso kecil (lagi) membuat 1 porsi itu sangat mengenyangkan.

Ini kan viral ya, sekarang antrinya banyak donk?
So, pasti viral  donk, ini beberapa food vlogger yang sudah bersilaturahmi ke warung ini:
Jadi makin viral deh setelah itu. Nah, ini perlu diperhatikan masalah antriannya, per hikayat ini ditulis (07/07/2020), ada beberapa berita dan tulisan beredar di dunia maya mengenai ini. Misalnya, ada yang harus rela antri 4-5 jam, atau nanti pengunjung dibatasi per jamnya, ambil antrian dulu dan datang di jam yang sudah tertera di antrian itu.
Ini semua memang dampak dari kondisi pandemi COVID-19 yang membuat kerumuman orang itu menjadi sangat beresiko tinggi karena penularan virus ini sangat mudah.  Jadi ada baiknya untuk terlebh dahulu direncanakan dan cari tahu kondisi terkini kalau mau mampir kesini.
 
Dimana lokasi TKP-nya?
Sebenarnya ada beberapa warung bakso sejenis di berbagai kota. Tapi untuk yang kita bahas dalam hikayat ini ada di daerah Cibitung, Bekasi. Tepatnya dibawah ini:

Warung Bakso dan Mie Ayam Geger Armada
Perum Permata Regensi Blok G4 No.53 (sebelah Fresh Laundry)
FYI, warung ini ada beberapa cabang di Cibitung



Buat kamu yang bertanya-tanya harganya, nih kita kasih:
  • Bakso Lobster: Rp40.000,-
  • Bakso Iga/Balungan: Rp20.000,-
  • Bakso Beranak: Rp15.000,- 
Nah, menu udah tau, harga juga udah tau, lokasi udah ada mapnya diatas. Jadi tunggu apalagi? Kunjungi segera dan beritahukan hikayatmu di kolom komentar dibawah ya.

Sampai jumpa di hikayat viral lainnya.

Semoga sehat selalu.

Pesan sponsor, kalau kamu berpikiran utnuk memasak steak, maka baca dulu tips inihttp://www.coolinerculinary.xyz/2020/06/9-kesalahan-umum-ketika-memasak-steak.html

07 July 2020

No comments:

Post a Comment

@templatesyard