hikayat kuliner masa kini

Petualangan ke seluruh antero Nusantara, mengabadikan hikayat tentang perjalanan kuliner di tanah Nusantara

Dalgona Coffee - Kopi Kekinian Dari Negeri Asal BLACKPINK, Ngak Kalah Sama Kopi Susu Warung Burjo!

Siapakah Blackpink itu?

Oh, kamu salah alamat kalau bertanya mengenai hal itu. Karena dalam hikayat kali ini kita tidak akan membahas BLACKPINK atau K-pop lainnya.

Lah, terus kenapa judul artikelnya pakai "Blackpink"?
Ya terserah yang bikin donk!

Kembali ke Blackpink, eh Dalgona Coffee.

Apakah Dalgona Coffee itu? Kenapa beberapa waktu belakangan ini sangat populer di khalayak ramai mulai dari usia muda sampai usia yang tidak muda lagi? Bahkan banyak sekali posting di medsos dalam bentuk video maupun tulisan mengenai "bagaimana cara membuat Dalgona Coffee". Nah, kali ini kita akan mengenal sedikit lebih dalam mengenai hidangan satu ini.

Dalgona Coffee atau dalam tulisan Korea ë‹¬ê³ ë‚˜ì»¤í”¼ adalah sebuah hidangan minuman yang terbuat dari kopi(tentu saja!), gula, air, susu, dan beragam topping sesuai selera masing-masing. Awalnya minuman ini populer di sekitar bulan Januari 2020 di Korea Selatan ketika seorang aktor kenamaan(yang namanya saya tidak tahu dan tidak peduli) yang memesan(atau membuat ya?) kopi ini dalam sebuah variety show yang ternyata dinilai menarik oleh khalayak Korea Selatan sehingga menjadi sangat populer.

Beragam jenis miniuman dalgona


Nah, dari paragraf diatas sudah ketahuan kenapa namanya "...Coffee", tapi yang belum ketahuan adalah "Dalgona"-nya ini apa sih? Apakah salah satu istilah keren Barista di Korsel sana? Atau apakah ini merupakan nama kopinya?
Ternyata bukan saudara-saudara. "Dalgona" atau "Ppopgi" dalam bahasa korea secara harfiah adalah "sarang madu" yang kemudian beralih arti menjadi "gulali"!

Penjual Ppopgi kaki lima di Korsel


Jadi, Dalgona Coffee itu Kopi pakai Gulali?
Oh, tidak semudah itu Ferguso! Nilai kamu hanya akan mencapai 25% kalau mengatakan hal itu. Ternyata arti yang dituju dari kata "Dalgona" dalam hidangan ini adalah karena rasa dan hasil akhir/bentuk dari hidangan ini yang menyerupai gulali. 
Fakta unik: Walaupun namanya Dalgona Coffee dinamai karena rasa yang serupa gulali. Ternyata hidangan ini tidak menggunakan gulali sama sekali!
Bagaimana cara bikinnya?
Ternyata sangat mudah. Kopi, air panas, dan gula di aduk (whipped) dalam satu wadah sampai berbusa seperti whipped cream kemudian tuangkan campuran itu keatas susu panas atau susu dingin sesuai selera. Dan terakhir berikan topping sesuai selera kamu.
Topping ini bisa banyak macamnya, misalnya madu, biskuit, coklat bubuk, kopi bubuk, sampai boba pun pernah menjadi korban persembahan untuk topping dalam hidangan ini. 
Karena proses pembuatannya dengan whip, maka Dalgona Coffee ini juga bisa disebut Whipped Coffee.

Oh, ya mungkin ada yang fasih dengan kekoreaan dan bingung kenapa dinamai "dalgona" bukan "ppopgi" saja kalau maunya merujuk kepada gulali. Nah, ternyata ini si pembuat viral ini tadi mengatakan rasa kopinya itu seperti "dalgona". Karena itu dia menamai ini sebagai "Dalgona Coffee".

Dalgona(Honeycomb Toffee) itu sendiri merupakan cemilan dari korsel yang berbahan dasar gula aren/brown sugar, corn syrup dan baking soda. Ya mungkin agak serupa bentuknya dengan enting-enting kacang di Indonesia.

Dalgona atau Honeycomb Toffee


Bagi yang pernah berplesiran ke negeri Shahrukh Khan, India, bisa jadi familiar dengan bentuk dari hidangan ini. Karena memang ini benar-benar mirip dengan minuman India, yaitu Phenti Hui Coffee atau kopi kocok (whipped coffee). Bedanya adalah susu panas atau susu dingin tadi dituangkan kedalam campuran kopi kocok itu, kalau Dalgona Coffee kan cacmpuran kopi kocok yang dituangkan keatas susu.

Lho, bedanya apa?
Oh, jelas beda Ferguso. Karena campuran kopi kocok itu mengembang seperti krim maka ketika cairan dituangkan akan membuat kocokan berubah bentuk sedikit. Sementara kalau kopi kocoknya yang ditaruh diatas cairan,  maka akan mempertahankan bentuk dari kocokan kopi tersebut dan akan terlihat jauh lebih mengembang.
Ya memang bedanya di estetika penyajian saja sih,  tapi kalau kamu seorang yang kritis dan sadis mengenai hidangan seperti chef Juna maka mungkin kamu akan merasakan perasaan yang berbeda.

Berarti kalau cuma whipped aja,  bisa pakai bahan lain donk?
Yak, kamu benar! Bagi yang tidak suka atau tidak minum kopi, maka bisa membuat Dalgona Milo, Dalgona Tea, Dalgona Buah atau Dalgona-dalgona lain.

Sebenarnya kopi ini tidaklah sangat istimewa dibandingkan cappucino atau bahkan kopi susu abang-abang burjo. Kenapa ini jadi populer? Ya, selain karena pertama kali "dilakukan" oleh seorang selebriti, kondisi pandemi COVID-19 juga merupakan faktor pendorong popularitas kopi ini.



Kenapa COVID-19?
Pada saat pandemi COVID-19 berlangsung mayoritas pemerintahan memberlakukan kewajiban #dirumahaja #stayathome, melakukan self distancing (physical distancing) dan isolasi mandiri di rumah. Intinya ngak keluar rumah kalau ngak benar-benar penting. Nah, di masa medsos modern ini banyak sarana untuk melakukan aktualisasi diri, misalnya challenge biasanya dilakukan di Tiktok atau Instagram. Ternyata membuat Dalgona Coffee ini selain dianggap menyenangkan oleh para netijen ternyata juga memberikan produk jadi yang bisa dinikmati, yaitu Dalgona Coffee.

Punya resep Dalgona Coffee?
Kalau masih gagal, berarti bukan resepnya, tapi kamu yang gagal sebagai pembuat kopi dalgona!


Sekian dan terima kasih.
Sampai jumpa di hikayat selanjutnya


No comments:

Post a Comment

@templatesyard